Bahaya KB Implan

bahaya kb implan


KB Implan merupakan salah satu pilihan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi ini berbentuk seperti tabung plastik elastis dan berukuran kecil menyerupai batang korek api yang dimasukkan ke jaringan lemak pada lengan atas wanita.

Bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu cukup lama dan tidak ingin repot, metode ini bisa dijadikan pilihan. Dengan penggunaan yang benar, KB implan dapat mencegah kehamilan selama tiga tahun.

Keunggulan KB Implan :
1. Perlindungan jangka panjang hingga tiga tahun.
Implan dapat dilepas kapan saja, termasuk saat muncul efek samping yang tidak diinginkan.
2. Dapat kembali ke masa subur dengan cepat setelah implan dilepas.
3. Tidak perlu repot mengingat untuk konsumsi pil KB atau suntik KB secara teratur.

Kekurangan KB Implan :
1. Tidak dapat mencegah penyakit menular seksual.
2. Biaya lebih mahal.
3. Implan harus dikeluarkan setelah tiga tahun.
4. Implan mudah berpindah dari posisi semula.

Bahaya dari KB Implan, Seorang Ibu ini memberikan peringatan. (Sedikit cerita pengalaman)
Berpikirlah masak-masak sebelum memutuskan memakai KB implan. Seorang ibu bernama Kelly memiliki pengalaman buruk dengan jenis KB ini.

Kelly membagikan pengalamannya dalam sebuah postingan Facebook:
Dia menulis:

Bagi kalian yang tertarik menggunakan KB implan nexplanon, jangan pernah melakukannya! Mereka tidak bisa mengeluarkannya dari lenganku.

Aku duduk di kursi sementara 3 orang dokter dan perawat menggali lenganku untuk mencari alat tersebut selama lebih dari satu jam. Setelah pemeriksaan sinar X, pencarian kembali dilakukan namun tetap tidak ketemu.

Kini, di lenganku masih tertanam KB implan, ditambah jahitan, bengkak, dan memar juga sebuah jadwal operasi untuk mengangkat KB implan tersebut.

Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi ini, termasuk depresi dan perubahan mood yang sering terjadi. Aku peringatkan, jangan pernah menggunakan metode KB ini.

Semua jenis alat kontrasepsi itu pasti memiliki efek samping. Tidak heran jika banyak pasien yg mengeluhkan sulit hamil lagi setelah lepas KB.